SELAMAT DATANG DI SMK BHAKTI KENCANA CIAMIS

Kamis, 08 Agustus 2019

Persiapkan Siswa Hadapi Revolusi Industri 4.0, SMK Bhakti Kencana Ciamis Adakan Kunjungan Industri



SEMARANG - Prof. Schawab dalam bukunya The Fourth Industrial Revolution (2017) menjelaskan, revolusi industri 4.0 telah mengubah hidup dan kerja manusia secara fundamental.  Berbeda dengan revolusi industri sebelumnya, revolusi industri generasi ke-4 ini memiliki skala, ruang lingkup dan kompleksitas yang lebih luas. Kemajuan teknologi baru yang mengintegrasikan dunia fisik, digital dan biologis telah mempengaruhi semua disiplin ilmu, ekonomi, industri dan pemerintah. Bidang-bidang yang mengalami terobosoan berkat kemajuan teknologi baru diantaranya (1) robot kecerdasan buatan (artificial intelligence robotic), (2) teknologi nano, (3) bioteknologi, dan (4) teknologi komputer kuantum, (5) blockchain (seperti bitcoin), (6) teknologi berbasis internet, dan (7) printer 3D.

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian sedang giat-giatnya mendorong peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) Indonesia agar menguasai teknologi digital di era revolusi industri 4.0. Salah satu cara yang dipilih adalah program vokasi SMK dan industri. Dikutip melalui kemenperin.go.id, Kementerian Perindustrian menyatakan, guna meningkatkan kompetensi SDM industri, Kementerian Perindustrian telah meluncurkan program pendidikan vokasi di berbagai wilayah di Indonesia dengan mengusung konsep link and match antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan sektor industri. Dengan program tersebut diharapkan lulusan SMK saat ini dapat terserap atau cepat bekerja di sektor industri khususnya pada era revolusi industri 4.0.

Sebagai Sekolah Kejuruan, SMK Bhakti Kencana Ciamis memiliki Visi Menjadi SMK sebagai lembaga yang unggul dalam menciptakan sumber daya manusia yang berakhlak luhur. Berdasarkan Visi tersebut, SMK SMK Bhakti Kencana Ciamis melihat tantangan dan peluang melalui perkembangan industri yang tengah memasuki generasi ke-4 tersebut.

Guna menyiapkan para Siswa menghadapi revolusi industri 4.0, SMK Bhakti Kencana Ciamis mengadakan kunjungan industri (KI) di Semarang. Upaya tersebut dilakukan sebagai upaya mengenalkan para Siswa terhadap dunia industri dengan secara langsung melihat proses dan cara kerja pelaku industri di era industri 4.0 saat ini.

Lebih dari 100 Siswa dari kelas sepuluh program studi Farmasi, Asisten Perawat, dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), diberangkatkan ke lokasi pada Selasa malam (23/07) dengan didampingi para Guru Pendamping. Lokasi KI yang dikunjungi yaitu PT. Sidomuncul Semarang, Panti Jompo Wredha Rindang Asih II Semarang, dan Perusahaan Sablon Omah Oblong Yogyakarta.


Di lokasi KI, para Siswa begitu antusias mengikuti setiap materi dan pembelajaran yang diberikan. Jika biasanya pembelajaran di ruang kelas sekolah, kali ini sangat berbeda. Pembelajaran diberikan secara teori sekaligus ditunjukkan langsung proses dan wujud dari teori yang diterangkan kepada para peserta KI.

Seperti saat di PT. SIdomuncul, teori tentang teknis proses pembuatannya. Dengan mengamati secara serius dan antusias saat pemateri menerangkan dengan mengelilingi tiap-tiap POS (Tahap Seleksi Bahan Baku/PraProduksi sampai ke tahapan Produksinya), para peserta KI terlihat tak ingin sedikitpun tertinggal dari moment yang begitu berharga tersebut.

Salah satu siswa berkata berkata, "Kegiatan ini menjadi pengalaman baru bagi saya. Dan saya tak ingin melewatkannya, untuk itu tadi saya merekam setiap kejadian saat materi diberikan."

Pengetahuan dunia industri yang menarik juga didapatkan peserta ketika tiba di lokasi KI lainnya. Seperti saat di Panti Jompo Wredha Rindang Asih II Semarang, kini berbeda dengan PT. Sidomuncul. Panti Jompo Wredha Rindang Asih II merupakan salah satu Yayasan Katholik, anak-anak pun pada bengong, "Kenapa diajak ketempat ini?" Walaupun ini Yayasan yang berbeda keyakinannya dengan kita, yang diambil ilmunya bukanlah kepercayaannya, melainkan cara perawatan tentang menjaga dan merawat orang yang sudah Lansia. Barulah anak-anakpun mengerti.

Melalui kegiatan Kunjungan Industri tersebut, SMK Bhakti Kencana Ciamis berharap peserta Kunjungan Industri yang baru menginjak kelas sepuluh itu mulai mempersiapkan diri menghadapi era industri 4.0. Selain itu, para peserta KI juga diharapkan memiliki motivasi yang lebih besar melalui pengalaman langsung yang didapatkannya melalui KI untuk lebih semangat belajar dan meraih cita-cita sebagai upaya saat lulus dari SMK sudah siap beradaptasi dan menjadi tenaga profesional di dunia industri yang mulai berkembang di Indonesia dan Internasional.


3 komentar:

  1. Maju terus SMK Bhakti Kencana Ciamis πŸ‘

    BalasHapus
  2. SMK Bhakti Kencana Ciamis siap mnuju era industri 4.0 πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    BalasHapus
  3. Reportasee.com : Membuka Jendela Dunia Berita Dalam dan Luar Negeri - Menyuguhkan Informasi Seputar Berita Internasional, Nasional, Regional, Lokal, Peristiwa, Hukum, Kriminal, Ekonomi, Politik, Pemerintahan, Sosial, Budaya, Pendidikan, Wisata, Kuliner dan Hiburan.
    Ciamis
    Berita Ciamis

    BalasHapus